tips-tips makan untuk bumil

sebagai orang yang lagi hamil muda,bisa dibilang saya ga terlalu rewel.urusan makan,lancar2 aja.emang sih masih suka mual2 juga.tapi kata dokter saya ini termasuk ibu hamil yang cukup seger.blogger-emoticon.blogspot.comkata beliau lagi sih,rata-rata ibu hamil,terutama yang masih awal2,dateng ke dokter dalam keadaan lemes.


yah emang sih namanya trimester pertama itu masa-masa mual2 banget dan sering muntah.blogger-emoticon.blogspot.combahkan banyak juga yang sampe ga bisa makanblogger-emoticon.blogspot.com.

saya sih pernah juga muntah,tapi untungnya sampai sekarang cuman 2 kali.dan Alhamdulillah,soal makan masih lancar2 juga. blogger-emoticon.blogspot.com


emang ada beberapa makanan yang sebelumnya saya makan oke2 aja,tapi sekarang nyium baunya aja udah ga tahan.tapi untungnya ga banyak.jadi kita tinggal cari tahu aja makanan yang 'aman' buat kita.


untungnya lagi,sebelum hamil saya ini emang termasuk orang yang SUKA makan.bahkan sampe sakit pun saya masih tetep suka makan.makanya saya pernah bilang kalo bener-bener ngerasa sakit kalo udah sampe tahap ga doyan makan.untungnya,belum pernah.hehehe..blogger-emoticon.blogspot.com


buat yang lagi hamil muda,aku saya mau share nih beberapa trik-trik saya biar mual n muntahnya ga terlalu parah.yahmsapa tau aja berguna gitu..


- kalo perut udah terasa laper jangan sampe menunda makan.makan aja,meskipun sedikit.bahkan kalo bisa makan juga jangan terlalu banyak sekaligus.lebih baik makan sedikit2 tapi sering.

- kalo susah untuk nemu makanan (misalnya yang sibuk di kantor,laper pas malem2 atau pagi2 buta) usahakan nyimpen camilan2 yang bisa dimakan sedikit2.kalo saya selalu sedia roti tawar di rumah.kalo malem2 mau tidur tiba2 laper bisa makan selembar atau dua lembar roti.begitu juga pagi2 buta,yang sering terjadi sama saya.saya sering banget laper pagi2 pas abis sholat shubuh.

- buat isian roti tawar saya lebih prefer sama selai kacang.karna sebelum2nya sudah coba pake isian meses atau selai buah ternyata jadi lebih cepet laper.lagipula selai kacang juga bisa dibilang 'lebih bergizi'.

- makan buah banyak2 sangat-sangat dianjurkan.tapi buat saya,ada beberapa buah yang setelah dimakan justru bikin perut saya dingin dan jadi mual.oleh karna itu sebaiknya usahakan kenali buah2an yang bikin mual sama yang nggak.kalo saya,buah2 yang aman itu seperti pisang,apel atau pear.buah2 yang kadar airnya tinggi bikin perut saya mual.

- usahakan banget makan sayur setiap hari.kalo saya,sekarang lagi suka banget makan sayur bening bayam.

- minum susu juga sangat-sangat penting.tapi saya yang dari kecil terbiasa minum susu putih plain tanpa gula tiba-tiba 'eneg' sama susu putih plain.buat ngakalinnya sih gampang aja,kita ganti aja sama yang rasa coklat.hehe..



blogger-emoticon.blogspot.com

0 comments: