Senin, 01 Februari 2010

go ASI go ASI go!

jadi ceritanya kemaren bawa Zayyan jalan2 ke Matos(Malang Town Square) buat belanja bulanan di Hypermart.terus pas disana ketemu ibu-ibu lagi gendong bayi yg kueciiiiil banget.kayak bayi baru lahir yg belom bisa apa-apa gitu n cuma bobo diem n merem.aku udah mikir,ih nekat juga bawa bayi umur berapa hari jalan2.terus si Mama iseng nanya ke ibu-ibu itu,"anaknya umur berapa bu?".eh katanya belum 2bulan.well belum 2bulan berarti udah 1bulan lewat dan hampir 2bulan kan? sama dong sama Zayyan..


lah,kok beda jauh ya sama Zayyan.Zayyan jadi keliatan gede banget dibandingin sama bayi si ibu tadi.udah gitu bayinya si ibu tadi kayak belom bisa apa-apa,lha Zayyan udah macam-macam tingkahnya.terus iseng ngelirik ke trollinya si ibu,oala dia ngeborong susu formula kotak (ga tau merk apa,ga ngerti soalnya).terus dia sempet juga ngasih botol susu ke anaknya.


well,jadi itu toh bedanya bayi yg mimi ASI sama yg mimi sufor.ga mau nge-judge si ibu tadi kenapa ko ga nyusuin bayinya aja.pasti kan ada alasan tertentu kenapa ga nyusuin.tapi yang jelas jadi makin yakin kalo ASI itu emang yang paling bagus buat bayi.sepadan banget kok sama pengorbanan waktu,tenaga,juga air mata dan darah(lebay lagi..) yang sudah terbuang.


masih ada 4bulan lagi buat ngasih full ASI ke Zayyan(abis itu sih masih juga,hehe),semangatttt!!!!!!

6 komentar:

chocofloat mengatakan...

mbak...
aku mewek baca ini..
doakan aku bisa ngasih ASI..
gimana ya..
aku bingung mbak.. setelah cutiku berakhir si baby mau aku bawa ke Karawang ato ditinggal ama Mama di Batu,,

teefa sinatriya hakim mengatakan...

lah,meweknya karna tulisannya apa karna kangen Malang??hehehe.
pasti bisa kok,niat aja dari awal.aku dulu juga ga tau bisa apa ga,tapi pede aja.yakin kalo pasti bisa.
babynya ya jangan dititipin jauh2 dong.ntar gimana mau kasi ASI-nya?banyak kok yg sukses kasi ASIX meskipun sibuk kerja.

rika mengatakan...

maaf ya, cuma mau sedikit berkomentar. Saya setuju kalau ASI memang yang paling bagus untuk anak, saya sendiri juga lagi berjuang supaya bisa terus kasih ASI ke anak saya saat ini (usianya sekarang 5 minggu). Tapi gak adil juga kalo kita menyalahkan susu formula utk segala ketidakbagusan yang ada di bayi lain.
Bayi kecil bisa macam2 sebabnya. Mungkin lahir prematur, mungkin memang keturunan, mungkin ada masalah dalam kehamilan, mungkin ada masalah dalam pencernaan. Jadi gak bisa dibilang bedanya bayi yang sehat dan montok dengan bayi yang kecil mungil dan ringkih cuma karena ASI dan formula.
Btw, disini saya melihat banyak ibu-ibu yang gak bisa kasih ASI. Ada yang anaknya alergi, gak tau alergi apa tapi setiap dikasih ASI anaknya ga bisa tidur padahal ibunya dah brenti minum kopi sejak hamil. Sampe si ibu juga brenti makan coklat, minum soda, makan apel, dll...tetep aja tidur anaknya terganggu. Akhirnya pindah formula dan anaknya bisa tidur normal.
Ada juga yang produksi asi-nya sedikit sekali walaupun udah bolak balik ke klinik laktasi. Ada juga yang pernah operasi kanker payudara jadinya sekarang ga bisa kasih ASI.

Anyway ada banyak alasan kenapa seorang ibu gak bisa kasih ASI, dan bagi ibu2 itu susu formula adalah penyelamat mereka. Susu formula memang gak sebaik ASI, tapi juga bukan racun.

Penggalakan ASIX yang lagi gencar2nya di Indonesia ini memang bagus sekali. Tapi jangan sampai berlebihan sampai menganggap formula barang haram. Gak ada salahnya pakai formula asalkan dengan alasan yang tepat.

teefa sinatriya hakim mengatakan...

hi mbak rika,makasih ya buat komennya.
well,aku bilang kaya gitu karna aku liat ibunya si baby kecil ini kok gede banget.ada kakaknya juga gitu,gede2 aja.tapi ya mungkin juga sih dia prematur atau ada masalah apa.kok ga kepikir ya?*dongdong*.tapi kalo emang bermasalah tu ibu nekat juga ya bawa babynya jalan2?ato mungkin emang terpaksa kali ya,ga ada yg bisa dimintain tolong.
makanya aku juga nulis aku nggak mau nge-judge si ibu tadi kenapa kok nggak nyusuin aja.karna emang banyak banget alesannya kenapa dia nggak nyusuin.
kalo soal bayi yg tidurnya terganggu,maksudnya tidurnya jadi nggak nyenyak gitu?bentar2 bangun,nangis,digendong2 diem,ditaroh nangis lagi,minta nenen lagi.wah itu sih biasa banget mbak.apalagi buat newborn.pas aku tanyain sama ibu2 yg lain juga rata2 gitu kok.aku jg sampe stress berat dl.capek,ngantuk,kurang tidur,dsb.hampir aja mau aku kasih empeng.untungnya ga jadi.tp biasanya kalo udah selepas 40hr-3bulan udah mulai nggak rewel lagi kok.anakku lewat 40hr udah mulai bisa bobo semaleman,bangun bentar buat mimi 2-3x aja semalem.katanya kalo newborn itu kan masih adaptasi sm dunia luar.
kalo terus dikasih sufor bobonya jd anteng sih wajar aja.karna kan sufor lebih lama dicernanya.kalo ASI kan lebih cepet dicerna.yah kalo orang gede,ibarat makan bubur sama makan nasi.kalo makan bubur lebih cepet laper lagi karna lebih 'encer'.makanya aturan kasih ASI 2jam sekali(atau on demand) sedangkan sufor 4jam sekali.anakku aja ga sampe 2jam,1jam sekali malah,jadi ibunya harus stand by terus.
dan ya,buat beberapa ibu sufor emang jadi penyelamat mereka.tapi moga2 juga karna emang udah terpaksa banget ya.jangan sampe kasih sufor cuman karna belom2 udah males atau ga mau kasih ASI.soalnya aku pernah tau banget tu ada ibu2 yg gitu,males aja kasih ASI.

rika mengatakan...

halo teefa,...

soal bayi yang tidurnya terganggu itu emang kejadian pas newborn. Lebih tepatnya gak tidur2 kali ya, bukannya terganggu, kalo newborn emang kan kalo tidur dikit2 bangun. Tapi ada ibu yang bayinya tidur dikit banget. Kan normalnya newborn tidur sekitar 16 jam sehari, nah dia cuma 4-6 jam maksimal sampe si bayi ada kantung matanya gitu kaya orang dewasa kurang tidur.

karena sampe umur 9 minggu gak membaik juga keadaannya, dan berat badan si bayi malah turun, jadi deh pindah formula. Kata dokter kemungkinan dia alergi sesuatu yang dimakan ibunya, tapi gak tau apa, karena ibunya juga udah usaha gak minum kopi, soda, dll yang diduga menyebabkan kurang tidur. Setelah pindah formula tidurnya si bayi membaik, jadi kemungkinan memang bener ASI si ibunya mengandung zat yang bikin bayi melek terus. hehehhehehe.

anakku juga tidurnya dikit sih, bikin ibunya bermata panda tapi makin kesini alhamdulillah makin membaik. sama kaya kamu aku juga nyusuin sejam sekali, kadang belon sejam udah laper lagi. anaknya doyan makan niihhh.

Anonim mengatakan...

Mbak Dulu lahir nya Di RSB mana? dan pakai dokter siapa ya? boleh bagi info nya donk,email ke vinz_fang08022006@yahoo.co.id
thx ya