Rabu, 12 Agustus 2009

STRAWBERRY CHEESECAKE

yeeee lama banget ga posting.....
lagi males,trus suami dateng,eh abis itu kita sakit bersama lagi.tambah deh males buat nulis2.
tapi setelah agak sehatan tiba-tiba aku jadi kepingin bikin2 kue.bingung juga sih,bikin apa ya enaknya??

pas lagi jalan2 liat di pinggir jalan lagi banyak yang jualan strawberry.biasa kalo lagi musim panas gini emang strawberry lagi banyak-banyaknya.akhirnya kepikiran deh buat bikin strawberry cheesecake.aslinya emang suka banget sih makan cheesecake.tapi kalo beli kok mahal,dikit lagi.

jadi mumpung ada suami nganggur yang bisa dijadiin asisten (baca : disuruh2,hehe) jadi deh kita bikin strawberry cheesecake.

Alhamdulillah,ternyata ga susah juga.buat percobaan pertama bisa dibilang kita cukup sukses.terbukti yang makan ga ada yang komplain.bentuknya pun cukup bagus.ga malu-maluin lah buat dipamerin di blog.heheheehe...







STRAWBERRY CHEESECAKE

BAHAN :
- 150gr biskuit,dihancurkan
- 100gr mentega dilelehkan
- 250gr cream cheese
- 150ml susu
- 1 butir telor (yg besar)
- 125gr gula halus
- 2sdm parutan kulit lemon (kuningnya aja)
- 2sdm air perasan lemon
- strawberry segar
- gula pasir 1sdm
- 1 sdt agar2 putih
- air 1 gelas

CARA MEMMBUAT :
- campur biskuit hancur dan mentega leleh.tata di dasar loyang sampai lalu tekan2 sampai merata. dinginkan dalam freezer selama 1jam
- panaskan oven
- kocok cream cheese dan gula.lalu tambahkan susu,telur,air lemon dan kulit lemon.campur sampai merata
- tuang adonan dalam loyang diatas adonan biskuit yang sudah mengeras.
- panggang dalam oven 180 C selama 45menit
- setelah matang dinginkan sambil menyiapkan strawberry untuk toppingnya.
- potong2 strawberry dan tata diatas cheesecake sesuai selera.
- masak agar2 bersama gula dan air.setelah itu siramkan diata strawberry yang sudah ditata diatas cheesecake.(jangan2 tebel2 karna fungsinya cuma buat 'mengikat' strawberrynya biar ga lari2)
- dinginkan dalam freezer minimal 1 jam biar kalo dipotong biskuit di bawahnya nggak protol.


NB :
*karna strawberry biasanya asem jadi kalo ga suka asem pake strawberrnya jangan banyak2.
* lebih praktis kalo pake loyang yang bongkar pasang.tapi kalo ga ada loyang biasa juga gpp
* kalo pake loyang yang diameter 18cm tinggi cheesecake dgn bahan sebanyak diatas tingginya jadi cuman sekitar 1-1,5cm.jadi kalo mau lebih tinggi jadinya pake loyang yg lebih kecil ato bahannya aja didobelin.
* kalo males pake strawberry seger pake aja topping jam ato selai.lebih praktis n yg jelas ga terlalu asem.

2 komentar:

sari mengatakan...

aih nyasar ke sini *nyasar yang enak*..woow mama zayyan pinter bikin kue...aku paling jiper liat kue ada bahan cream cheese gt..ketoe angel hehe...

tapi jadi pengen nyoba juga ah :)
pake resep ini tentunya, doakan saya berhasil ya hehehehe....

teefa sinatriya hakim mengatakan...

ah aku jadi malu...bukan pinter,cuman gara2 nafsu makan cheesecake menggila tapi kurang modal akhirnya otak harus diputer..hehe

aku jg dari dulu mo nyoba2 bikin ga brani2.takut kalo gagal eman2 bahane mahal soale..*kurang modal*

tapi setelah dicoba ga sulit kok.yaa paling ga meskipun bantet masih bs dimakan..hehe.